Senin, 08 Juli 2013

Artikel



Hargailah Waktu, Karena Waktu Adalah Uang
Oleh : Lailatul Hidayah
Mahasiswi IAIN Walisongo Semarang
Pada lazimnya dalam dunia kampus, budaya jam karet merupakan hal yang sudah biasa. Sering kali dalam acara seminar atau pun rapat acara itu pasti berjalan tidak sesuai jadwal (molor). Bahkan mahasiswa pun sering terlambat dalam suatu perkuliahan, terkadang dosen pun juga mengalaminya. Namun keterlambatan tersebut dianggap hal yang lumrah atau wajar-wajar saja. Itu merupakan masalah yang sangat sepele, tetapi jika terus dijadikan sebagai kebiasaan, maka hal yang buruk itu akan mendarah daging dalam tubuh kita dan sulit untuk dihilangkan. Akibatnya akan menjadi masalah yang besar dan bisa menjadi bomerang bagi diri sendiri.
Dalam keadaan semacam ini, perlu adanya suatu terobosan baru yaitu pembenahan perubahan pola pikir atau mindsat seseorang, bahwa waktu adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya waktu, manusia tidak akan dapat memanage seluruh kegiatannya dengan baik. Maka diperlukan suatu teladan atau contoh yang konkrit. Para dosen harus datang lebih awal atau tepat waktu, maka secara tidak langsung mahasiswa lama-kelamaan akan mengikuti kebiasaan tersebut. Dengan adanya kedisiplinan, maka akan mengarahkan hidup menuju kesuksesan.
 Begitu berharganya waktu sehingga diibaratkan sebagai uang. Bagi kalangan tertentu, uang memang bukan segalanya, tetapi dengan uang seseorang dapat mencukupi semua kebutannnya. Namun, uang bukan menjadi tolok ukur kebahagiaan. Karena orang yang kaya (banyak uang), belum tentu mereka merasa bahagia, dan sebaliknya. Begitu juga dengan waktu, tanpa adanya waktu manusia tidak akan bisa memanage seluruh kegiatannya dengan baik. Jadi seharusnya setiap individu harus memiliki kesadaran masing-masing untuk bisa menghargai waktu atau memanage waktu dengan sebaik-baiknya dengan kegiatan yang positif dan berguna, agar nantinya di hari tua tidak mengalami penyesalan. Serta mulai sejak dini ditanamkan sikap kedisiplinan. Karena orang yang pandai adalah orang yang mampu memanage waktu dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar